Home blog 10 Bendungan Terbesar di Dunia

10 Bendungan Terbesar di Dunia

9533
0

Bendungan adalah sesuatu yang dibuat oleh manusia yang bisa mempermudah pekerjaan manusia dan juga untuk mencegah bencana alam yang sering tejadi di dunia seperti banjir bandang. Namun diantara bendungan yang telah dibuat manusia ini ada beberapa bendungan yang memiliki ukuran terbesar di dunia. Berikut ini adalah beberapa bendungan terbesar di dunia (dalam konteks volumenya).

1. Bendungan Terbesar di Dunia Three Gorges Dam – China

bendungan terbesar di dunia - tiga ngarai china
bendungan terbesar di dunia – tiga ngarai china

Three Gorges Dam (Bendungan Tiga Ngarai) saat ini merupakan salah satu bendungan terbesar di dunia sekaligus pembangkit listrik tenaga air (PLTA) terbesar di dunia. Dibangun sepanjang 2.3 km menyebrangi Sungai Yangtze, China. Proyek ambisius ini dinilai sebagai proyek terbesar Cina sejak dibangunnya Tembok Besar Cina. Proyek pembangunan bendungan terbesar di dunia ini telah banyak menuai pro dan kontra. Kritik yang muncul terutama datang dari para ahli geologi, ahli biologi dan pemerhati lingkungan.

Three Gorges Dam juga merupakan pembangkit dengan sistem clean Energy Production. Dibandingkan dengan pembangkit listrik batubara dengan kapasitas daya listrik yang sama, TGHP akan mengurangi emisi 100 juta ton CO2, 2 juta ton SO2, 0.37 juta ton NOx dan beberapa partikulat lainnya. Hal ini akan mencegah hujan asam dan mengurangi efek rumah kaca di Asia Timur dan Central Cina. Listrik tenaga air yang dihasilkan dari TGHP setiap tahunnya akan menggantikan 50 juta ton batubara mentah yang digunakan dalam pembangkit listrik batubara.

2. Bendungan Terbesar di Dunia Syncrude Tailings – Kanada

Bendungan Terbesar di Dunia - Syncrude Tailing Dam
Bendungan Terbesar di Dunia – Syncrude Tailing Dam

Bendungan terbesar di dunia kedua ini terletak di dekat Fort McMurray di Alberta, Kanada. Syncrude Tailing Dam memiliki kapasitas sekitar 540.000.000 meter kubik air. Semula merupakan waduk bekas tambang minyak bumi yang kemudian dibuat bendungan. Bendungan Syncrude Tailings saat ini dikelola oleh sebuah perusahaan yang dikenal sebagai Syncrude Kanada Ltd – perusahaan yang bertanggung jawab untuk ekstraksi minyak di Athabasca Oil Sands. Bendungan ini berfungsi untuk menyimpan tailing (sisa ekstraksi minyak atau residu) yang muncul sebagai produk sampingan dari operasi ekstraksi minyak.

Di sekitar bendungan ini juga dibangun banyak bendungan lainnya, seperti Southwest Pasir Storage yang memiliki kapasitas penyimpanan terbesar di Kanada. Bendungan Syncrude saat ini sedang diusahakan oleh pemerintah agar bisa maju ke tahap berikutnya, yaitu ekspansi yang akan memungkinkan proyek untuk mencapai produksi penuh hingga 500.000 barel per hari.

3. Bendungan Terbesar di Dunia Aswan Dam – Mesir

Bendungan Terbesar di Dunia - Aswan Dam, Mesir
Bendungan Terbesar di Dunia – Aswan Dam, Mesir

Bendungan terbesar di dunia yang menduduki urutan ketiga versi ditegal.com adalah Bendungan Aswan. Bendungan ini sebenarnya merupakan sepasang bendungan, yaitu di Bendungan Aswan Tinggi dan Bendungan Aswan Rendah. Bedungan Aswan terletak di daerah sungai Nil, Mesir. Bendungan ini dibangun sekitar tahun 1960 sampai 1970-an, yaitu pada masa pemerintahan Presiden Gamal Abdel Nasser. Bendungan ini sangat bermanfaat bagi Negara Mesir. Adapun manfaat yang diperoleh oleh rakyat Mesir dari pembangunan bendungan Aswan sangat banyak. Diantaranya, melindungi wilyah aliran sungai Nil dari bahaya banjir tahunan, akibat debit air yang melimpah pada musim panas yang datang dari alur sungai Nil di Afrika. Bendungan ini juga membuka ketersediaan areal pertanian hijau yang lebih luas, sehingga membantu dalam peningkatan produksi pertanian Mesir. Rakyat Mesir juga menikmati suplai energi listrik yang murah yang dihasilkan dari turbin raksasa di bendungan tersebut. Bahkan, mereka dapat mengekspornya ke beberapa negara tetangga sehingga memberikan manfaat ekonomi bagi negara. Dengan begitu, bendungan ini mampu membuat perekonomian Mesir berkembang sangat pesat dan signifikan.

Fungsi utama bendungan Aswan adalah menghambat laju air dari danau Nasser menuju ke sungai Nil. Oleh sebab itu, di tepi danau Nasser banyak terdapat resort-resort wisata kelas dunia. Begitu juga kapal pesiar yang sekaligus berfungsi sebagai hotel berbintang, siap membawa wisatawan untuk mengarungi danau tersebut sambil singgah di beberapa titik tertentu, guna melihat secara langsung peninggalan-peninggalan sejarah Fir’aun yang banyak terdapat di lokasi itu. Di samping bermanfaat bagi negara, bendungan ini dapat dikatakan menjadi destinasi wisata yang menarik di Mesir.

4. Bendungan Terbesar di Dunia Fort Peck, Amerika Serikat

Bendungan Terbesar di Dunia - Fort Peck Dam, Amerika Serikat
Bendungan Terbesar di Dunia – Fort Peck Dam, Amerika Serikat

Bendungan terbesar di dunia urutan ke-4 adalah Fort Peck Dam yang terletak di timur laut Montana. Bendunganini adalah salah satu dari 6 bendungan yang ada di Sungai Missouri. Dimulai pada 1933 sebagai bagian dari New Deal yang diajukan Presiden FD. Roosevelt dan memungkinkan lebih dari 11.000 buruh punya kerjaan selama pembangunan. Bendungan yang menyebabkan terbentuknya Danau Fort Peck, digunakan untuk mengendalikan banjir dan penghasil listrik.

5. Bendungan Terbesar di Dunia Tarbela Dam, Pakistan

Bendungan Terbesar di Dunia - Tarbela Dam, Pakistan
Bendungan Terbesar di Dunia – Tarbela Dam, Pakistan

Selesai pada 976, Bendungan Tarbela, juga dikenal sebagai Torabela atau Pashto, dianggap sebagai salah satu bendungan terbesar di dunia yang pernah dibangun di Sungai Indus Pakistan. Meskipun bukan bendungan terbesar di dunia, tapi merupakan bendungan air terbesar yang diisi secara alami oleh bumi. Bendungan ini menyimpan air tidak hanya untuk mengendalikan banjir, tetapi juga untuk irigasi dan produksi energi hidro-listrik.

6. Bendungan Terbesar di Dunia Mangla Dam, Pakistan

Bendungan Terbesar di Dunia - Mangla Dam, Pakistan
Bendungan Terbesar di Dunia – Mangla Dam, Pakistan

Bendungan terbesar di dunia urutan selanjutnya adalah Mangla Dam yang terletak di Pakistan. Bendungan yang ditulis sebagai bendungan terbesar nomer 12 ini adalah bendungan yang sengaja dibangun menggunakan dana dari Bank Dunia untuk meeberi batas perairan Pakistan. Pada saat itu tepatnya tahun 1960, ditandatangani Indus WaterbTreaty yang menyebutkan bahwa beberapa sungai seperti Ravy, Heasb dan Suglej menjadi milik Pakistan. Bendungan ini juga memiliki fungsi sebagai sistem irigasi di Pakistan yang selama ini berpusat di Sungai Indus yang tidak ada aliran tertentu atas penggunaannya sehingga dengan adanya bendungan ini cukup membantu masyarakat sekitarnya.

7. Bendungan Terbesar di Dunia Ataturk Dam, Turki

Bendungan Terbesar di Dunia - Ataturk Dam, Turki
Bendungan Terbesar di Dunia – Ataturk Dam, Turki

Bendungan Atatürk adalah salah satu bendungan terbesar di dunia yang membendung Sungai Eufrat di perbatasan antara Provinsi Adıyaman dan Provinsi Şanlıurfa di Daerah Anatolia Tenggara, Turki. Dibangun sebagai pembangkit listrik dan penyedia irigasi bagi lahan pertanian disekitarnya, bendungan ini dinamai berdasarkan nama pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Atatürk. Pembangunannya dimulai pada tahun 1983 dan selesai pada tahun 1990. Bendungan dan PLTA mulai beroperasi setelah pengisian waduk selesai pada tahun 1992 serta dioperasikan oleh Badan Hidraulika Negara (DSİ). Waduk yang terbentuk di balik bendungan diberi nama Waduk Atatürk (bahasa Turki: Atatürk Baraj Gölü) yang merupakan waduk terbesar ketiga di Turki.

Tinggi bendungan adalah 169 m (554 ft) dengan panjang 1,820 m (5,970 ft). PLTA-nya memililki kapasistas daya listrik terpasang sebesar 2.400 MW dan mengahsilkan daya listrik 8.900 GW·h per tahun. Total biaya proyek bendungan ini bernilai sekitar 1,25 miliar Dolar AS.

Proyek pengembangan pertama dari kawasan tenggara Turki dipresentasikan pada tahun 1970. Dengan perubahan dalam tujuan dari pengembangan wilayah serta ambisi yang terus tumbuh pada era 1970-an, perencanaan awal mengalami dimodifikasi. Perubahan yang paling signifikan dalam proyek tersebut adalah dibatalkannya desain Bendungan Karababa Tengah, serta digunakannya desain Bendungan Atatürk untuk meningkatkan daya tampung serta kapasitas daya yang dihasilkan oleh bendungan.

Dolsar Engineering dan ATA Construction, 2 perusahaan unggulan di Turki, setuju untuk membangun bendungan tersebut. Pembangunan cofferdam dimulai pada tahun 1985 dan selesai pada tahun 1987. Bendungan Atatürk, disebut dalam beberapa artikel konstruksi internasional sebagai lokasi konstruksi terbesar di dunia dengan catatan waktu penyelesaian tercepat yaitu sekitar 50 bulan.

Bendungan dengan isian batu tersebut mengalami perubahan bentuk (deformasi) yang secara rutin dan sistematik diawasi sejak tahun 1990 dengan beberapa jenis sensor. Diperkirakan bahwa bagian tengah dari busur bendungan telah turun sekitar 7 meter sejak penyelesaian konstruksinya. Penurunan bususr bendungan hingga mencapai 4,3 meter terlah diukur sejak dimulainya pengawasan geodesi secara rinci pada tahun 1992. Deformasi horizontal (radial) maksimalnya terukur sekitar 2,9 meter.

8. Bendungan Terbesar di Dunia Verzasca Dam – Switzerland

Bendungan Terbesar di Dunia - Verzasca Dam, Switzerland
Bendungan Terbesar di Dunia – Verzasca Dam, Switzerland

Bendungan Verzasca, juga dikenal sebagai bendungan Contra. Bendungan terbesar di dunia yang menduduki urutan ke-8 versi ditegal.com ini dibangun antara tahun 1960 dan 1965 di Val Verzasca, Swiss. Bendungan ini dibangun oleh Verzasca SA, sebuah perusahaan yang menghasilkan listrik di daerah tersebut dan akan terus melakukannya sampai setidaknya tahun 2046. Waduk The Lago di Vogorno adalah buatan, diciptakan oleh bendungan itu sendiri, dan telah bertanggung jawab menyebabkan gempa bumi pada saat waduk itu penuh oleh air.

9. Bendungan Terbesar di Dunia Nagarjuna Sagar – India

Bendungan Terbesar di Dunia - Nagarjuna Sagar, India
Bendungan Terbesar di Dunia – Nagarjuna Sagar, India

Bendungan terbesar di dunia ke sembilan yaitu Nagarjuna Sagar. Bendungan ini dapat ditemukan di distrik Nalgonda di Andhra Pradesh – India. Dianggap sebagai salah satu yang terbesar yang pernah dibangun di Asia, bendungan ini selesai pada tahun 1966 dan memiliki 26 gerbang puncak individu. Menilai konstruksinya, bendungan ini adalah yang tertinggi di dunia yang akan dibuat dari pasangan batu dan menghasilkan danau buatan manusia terbesar ketiga di dunia. Bendungan dan kanal-kanal perusahaan sangat penting bagi kemampuan untuk mengairi lahan di dekatnya.

10. Bendungan Terbesar di Dunia Srisailam Dam – India

Bendungan Terbesar di Dunia - Srisailam Dam, India
Bendungan Terbesar di Dunia – Srisailam Dam, India

Bendungan terbesar di dunia yang terakhir ini terletak di Sungai Krishna, Bendungan Srisailam dibangun diatas Bukit Nallamala dalam ngarai yang berada sekitar 300 meter di atas permukaan laut. Bendungan ini merupakan salah satu dari 12 bendungan penghasil listrik tenaga air terbesar di negara itu tetapi khusus dibangun dalam rangka memberikan irigasi untuk distrik Kurnool dan Cuddapah – keduanya merupakan daerah yang rentan terhadap kekeringan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here