Home Foto Tegal Ujungrusi, Tegal

Ujungrusi, Tegal

1625
0
Ujungrusi - Dahulu kala, daerah ini adalah garis pantai utara.

Menurut cerita tutur dari tetua masyarakat,sejarah Desa ujungrusi telah berlangsung setidaknya sejak zaman perang kemerdekaan(1945-1949). Sebelum masa kemerdekaan,wilayah Ujungrusi termasuk dalam wilayah kawedanan Adiwerna. Desa Ujungrusi merupakan daerah pedesaan yang dilimpahi tanah pertanian yang subur,tumbuhan yang menghijau,diatas tanah yang datar di tumbuhi pepohonan dan semak yang lebat. Tak heran Desa Ujungrusi menjadi tempat persembunyian dan markas pejuang-pejuang Republik.

Secara historis Desa Ujungrusi menjadi Desa yang sering di singgahi para pelancong(musafir) dengan berbagai macam kepentingan baik dalam rangka syiar Agama Islam maupun mengembangkan roda perekonomian. Eksistansi Kebon Raja sebagai symbol goresan sejarah merupakan bukti bahwa Desa Ujungrusi dahulu di singgahi oleh para pelancong(musafir). Dan konon kabarnya,menurut cerita sesepuh Desa Ujungrusi Kebon Raja merupakan Tanah Brebes yang pada waktu itu ada seorang Raja daerah Brebes yang singgah sebantar di tanah tersebut sambil beristirahat dan menunaikan Shalat di Masjid Jami sebagai Masjid peninggalan leluhur.

Fakta sejarah yang lain sebagai bukti Desa Ujungrusi dahulu di singgahi pelancong(musafir) untuk syiar Agama Islam dan bermukim sampai hayatnya.Di antaranya adalah Mbah Pelamongan,Mbah Papak,Mbah Pasigaran,Mbah Syech Lutfi Alwani dll.

Desa Ujungrusi,lama-kelamaan menjadi desa yang berkembang ramai. Apalagi dengan adanaya pendatang yang ingin menetap dan tinggal di Desa itu. Desa Ujungrusi panatas menjadi desa berkembang karena memilki potensi alam yang baik dan dilintasi jalan Alternatif Tegal-Purwokerto yang membuat Desa Ujungrusi menjadi ramai dan berkembang. Kesejahteraan rakyat meningkat,dapat dilihat dari rumah-rumah warga yang di buat dari beton dan telah memenuhi standar kesehatan dan keindahan.

Pemuda-pemuda Desa Ujungrusi dalam berprestasi dan mengembangkan kreativitas kesenian dari tahun ketahun mendapat prestasi,diantaranya adalah juara lomba I Lomba Terbang Jawa tingkat Kabupaten,Juara III Lomba Qosidah Tingkat Kabupaten,Juara I Lomba Tenis Meja Tingkat Kecamatan,Juara II Lomba Gerak Jalan Tingkat Kecamatan dan mempunyai Group Angklung Renggani serta Group Angklung Palung Caraka.

Desa Ujungrusi adalah sebagai kawasan Home Industri dan perdagangan dan sekaligus sebagai urat nadi perekonomian di wilayah Kecematan Adiwerna khususnya wilayah Kecamtan Adiwerna khususnya dan wilayah kabupaten Tegal pada umumnya.

Demikian sekelumit tentang sejarah adanya Desa Ujungrusi. Dan kebenaran cerita tersebut diatas tidak tentu benar adanya,untuk yang berkepentingan harap maklum adanya.

Sumber : http://desaujungrusi.blogspot.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here