Home Gaya Hidup Cari Catering Tegal atau Pakai Tukang Masak Aja?

Cari Catering Tegal atau Pakai Tukang Masak Aja?

1616
2
Catering tegal

Menjelang pernikahan sering terjadi perdebatan untuk menentukan hidangan. Antara mau pake catering atau pake tukang masak aja. Beberapa anggota keluarga seperti Tante, Budhe, bahkan Ibu kita sendiri sering memperdepatkan topik yang satu ini. [Catering Tegal]

Pake catering tante ini aja..”
“Pake rombongan masak tetangga aja”
“Di Tegal sih gak lazim kalao pake catering, buang-buang duit aja”
“Mah, kan repot kalao kita harus belanja ini itu untuk persiapan masak sendiri”
… dan seterusnya

Kebiasaan di pedesaan Tegal memang lebih lazim menggunakan tukang masak, dikarenakan acaranya bukan cuma di gedung saja yang beberapa jam selesai. Namun, lebih daripada itu acara hajatan-hajatan di perkampungan di Tegal lebih bisa memakan waktu minimal 2-3hari. Apalagi untuk warga-warga desa yang cenderung taraf hidupnya menengah kebawah, yang diandalkan hanyalah endorse dari tetanga-tetangga atau dari saudara-saudara dekatnya. Beberapa hanya mengandalkan sebagian besar sumbangan dari tetangganya itu, yang dikemudian hari si empunya hajat juga akan melakukan hal sama pada saat tetangganya hajatan.

Namun, seiring dengan perjalananya waktu yang terus mengubah zaman dan life style, tidak sedikit orang Tegal yang kemudian sewa catering [Catering Tegal] dengan alasan lebih praktis dan tidak repot terutama untuk warga kota. Berbeda dengan warga kabupaten yang masih erat memegang tradisi nenek moyang mereka, warga Tegal kota sekarang banyak yang melakukan pesta pernikahannya di gedung-gedung pertemuan yang sudah di-bundle dengan cateringnya [Catering Tegal]. Oleh karena itu, tetangga pun tidak dilibatkan dalam acara masak-memasak yang bisa sampai 2-3 hari seperti di desa-desa kabupaten.

Tidak mengapa sih, mau pakai tukang masak sendiri atau cukup sewa catering itu bisa dilihat dari beberapa aspek berikut:

1. Biaya

dari segi biaya, menggunakan tukang masak akan lebih murah daripada menggunakan jasa catering [Catering Tegal]. Kenapa bisa begitu? Karena bisanya tukang masak mematok belanja sekian juta untuk estimasi beberapa porsi (tidak dihitung per porsi) dan biasanya ada lebihnya. Sedanglan kalau catering [Catering Tegal], biayanya dihitung per porsi. Jumlah hidangannya pun dihitung menurut porsi yang dipesan. Wajar aja kalau catering jadinya agak mahal.

2. Variasi Makanan

Salah satu hal yang jadi masalah adlah selera. Selera tukang masak belum tetu sekeren catering [Catering Tegal]. Catering bisa memberikan lebih banyak variasi makanan. Tidak cuma hidangan utama, tetapi juga makanan gubugan, dessert, atau minuman. Sedangkan variasai makanan dari tukang masak biasanya apa yang dusah sering dimasak saat hajatan saja, variasinya tidak sebanyak catering [Catering Tegal] yang bisa pilih menu ini itu.

3. Rasa

Soal rasa sih gak jaminan ya, baik antara tukang masak dan catering [Catering Tegal], keduaya bisa sama-sama enak. Gak jarang lho, tukang masak yang masakanya enak (enak banget malah!). Atau gak jarang juga catering [Catering Tegal] yang rasanya biasa aja. Jadi intinya, dicicip dulu aja. Mungkin akan lebih baik kalau kita sudah pernah makan atau mencicipi masakan sebelumnya. Kalau di catering [Catering Tegal] enak, sudak ada tester sebelum pesan. Tetapi kalau tukang masak tidak ada tester-nya. Diusahakan setiap kondangan kamu jangan cuma makan aja, tapi icip-icip juga dan bikin catatan tentang hidangannya. Nah, nanti bisa jadi referensi deh.

“Oh, catering  [Catering Tegal] di nikahan si A kemarin enak ya. Si B pakai catering/tukang masak mana ya? Makanannya cihuy nih… “

4. Pelayanan

Yang terakhir adalah pelayanan. Tukang masak biasanya hanya membawa diri saja. Piring, alat makan, alat masak (sebagian) disiapkan oleh yang punya hajat. Otomatis yang punya hajat pun sedikit ribet dan harus sewa alat makan ke tukang tenda.

Selain itu, tukang masak bisanya gak mau cuci piring. Otomatis yang punya hajat bisanya memanggil anak laki-laki remaja untuk mengangkat piring dan mencuci piring. Budget lagi deh!..

Jadi mau pilih yang mana nih? Itu pilihan kamu lho 🙂

FYI : Kalau mau tanya-tanya atau nyicip katering pilihan kita juga boleh lho.  Ini kontak pemilik cateringnya [Catering Tegal] – SMS/Whatsapp 0857-8674-9248 (Ibu Indah Sani) – menerima nasi box dan snack box.

Pesanan catering di tegal
Catering Tegal – Pesanan salah satu klien di kabupaten Tegal

Kalau mau pesan nasi ponggol bisa juga pesen ke Ibu Rokhimi (0856-1032-307)

Pesanan catering dari pelanggan untuk acara pengajian bulanan di tegal
Catering Tegal – Pesanan dari pelanggan untuk acara pengajian bulanan di tegal

Semoga membantu yang lagi mau nyari catering di Tegal. [Catering Tegal]

 

 

2 COMMENTS

  1. bener banget…terkadang ada beberapa menu makanan yang ga bisa di masak sama tukang masak..kalau di aku namanya senoman hehehe…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here