Home Kuliner 7 Kuliner Wajib Saat Kamu Berkunjung ke Semarang

7 Kuliner Wajib Saat Kamu Berkunjung ke Semarang

949
1

Semarang – Buat kamu yang hobi makan dan jalan-jalan, jangan sampai kamu ketinggalan untuk mencicipi 7 kuliner khas Semarang berikut:

1. Nasi Ayam Semarang

nasi-ayam-semarang

Salah satu kuliner wajib saat berkunjung ke Semarang adalah nasi ayamnya. Nasi ayam semarang ini mirip-mirip dengan nasi liwet khas kota Solo. Hanya mirip, tapi tidak sama :-). Nasi ayam semarang ini merupakan sajian nasi putih yang terasa gurih karena dimasak dengan santan, yang disantap dengan suwiran daging ayam, sambal goreng labu siam dan krecek, tahu bacem atau tahu putih, dan telur pindang lalu diguyur dengan kuah santan. (Kalau nasi liwet disajikan kering tanpa siraman kuah). Sayur labunya memiliki citarasa lebih pedas dan manis jika dibandingkan dengan sayur labu siam pada nasi liwet. Nasi ayam ini biasanya disajikan dengan alas daun pisang ataupun disajikan dengan menggunakan pincuk daun pisang.

2. Mie Kopyok Pak Dhuwur

kopyok2

Sederhana Dalam Rasa, Namun Bisa Membuat Lidah Ketagihan. Kenapa di sebut mie kopyok? karena cara buatnya adalah dengan di kopyok2 di air mendidih mie nya. Mie yang di pakai adalah mie pasar yang basah dan khas rasanya. Rasa dan penampilannya sich sederhana saja, tapi justru itulah yang menjadi keunikannya. kok bisa mie sesederhana itu bisa enak banget. Mie yang minus tambahan daging-dagingan dkk. Cuma sekedar irisan kecil-kecilan lontong dan mie ditambah tahu pong yang di iris tipis-tipis, taoge panjang, serta taburan daun sledri dan kerupuk karak banyak2, kemudian di siram kuah coklat berkecap dengan ras agurih dan sedikit manis..tapi rasanya kok ya sangat enak. Coba deh kalo gak percaya.

Rasa yang enak dari nasi pulen yang disiram kuah lezat dengan isian daging sapi akan membuat lidah anda tidak akan pernah bosan untuk bergoyang . ehmmm nyumi .. sajian lengkap nasi gandul memang lezat sekali , sehingga banyak kalangan masyarakat luas yang menyukai nasi gandul . dari anak kecil , para remaja hingga orang dewasa tentunya tak akan pernah mau ketinggalan akan rasa lezat yang disajikan nasi gandul. Seperti saya, saya juga suka sekali dengan nasi gandul .

3. Nasi Gandul

ed146-nasigandulbuendang

Rasa daging sapi yang khas enak membuat saya ketagihan akan nasi gandul . oh iya , nasi gandul biasanya di sajikan langsung disiramkan kedalam nasi putihnya , namun ada juga yang disajikan secara terpisah . nasi gandul biasanya menggunakan daging kerbau , namun karena daging kerbau yang sulit dicari banyak dari masyarakat yang mengkreasikannya dengan daging sapi . selain menggunakan daging sapi nya , nasi gandul juga banyak yang disajikan dari jeroan sapi , hati dan ampela sapi , lidah sapi dan lain sebagainya .

4. Kue Lekker Paimo

1418387049710

Agak heran rasanya pas pertama saya direkomendasikan untuk mencoba kue ini, apalagi di Jakarta banyak dan saya nggak nemuin menariknya selain kriuk-kriuk aja. Rupanya kue lekker di Semarang beda total, ini sih mirip d’crepes! Dasarnya tetap kue lekker, tapi isiannya itu… saya aja sampe bingung mau pesen yang mana.
Kue-Lekker-Paimo
 Ada kue lekker yang isiannya manis (caramel, coklat, susu) dan ini bentukannya mirip dengan yang di Jakarta, sementara juaranya adalah yang asin. Kue lekker yang asin toppingnya melimpah dan rasanya macem-macem banget: telur sosis, telur keju, telur sosis tuna keju, mozarella sosis dan masih banyak lagi!  Nggak nyesel saya pagi-pagi kesini dan antri di gerobaknya Paimo. TOP!

5. Pisang Planet

2014-12-25 04.20.58 1

Jajanan Pisang Plenet ini dibuat dari bahan pokoknya pisang Kepok yang dibakar di atas arang, kemudian di bentuk menjadi gepeng atau pipih. Untuk menjadi pipih ini setelah dibakar ditaruh di plastik dan di tekan menggunakan papan kecil seukuran dengan pisang. Kemudian agar rasanya lebih menarik di taburi gula putih halus.

Pisang-Plenet

Ada banyak pilihan varian dan rasa Pisang Plenet ini. Diantaranya adalah selai nanas, coklat atau keju. Ada juga yang hanya ditaburi gula putih halus. Atau mungkin Anda ingin rasa yang berbeda dengan request sendiri kepada penjualnya langsung. Dengan banyak rasa pilihan jajanan ini cukup murah dan tidak menguras kantong, hanya sekitar Rp. 8000,- Anda bisa menikmati Pisang Plenet ini.

6. Tahu Gimbal

DSCN7536

Tahu Gimbal adalah makanan khas Kota Semarang. Makanan ini terdiri dari tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, taoge, telur, dan gimbal (udang yang digoreng dengan tepung) dan dicampur dengan bumbu kacang yang khas karena menggunakan petis udang. Beda dengan saus kacang untuk pecel Madiun yang agak kental. Saus bumbu kacang untuk tahu gimbal agak sedikit encer.

Adapun yang khas dari tahu gimbal adalah gimbal itu sendiri. Gimbal adalah semacam bakwan goreng yang berisi udang. Gimbal digoreng garing dengan perpaduan rasa yang pas antara gurih, manis dan pedas. Sama seperti tahu atau lontong, gimbal dipotong-potong kecil-kecil dengan gunting khusus. Di kota Semarang banyak sekali penjual tahu gimbal kalau malam di sepanjang Jalan Pahlawan, sekitar Taman KB, dan depan Masjid Baiturrahman Semarang . Harga seporsi untuk tahu gimbal lengkap sekitar Rp10.000.

7. Wedang Tahu

wedang-tahu-semarang-rev1

Wedang Tahu adalah minuman yang beromakan jahe dan berisi kembang tahu yang terbuat dari sari kedelai. Minuman ini berkhasiat sebagai penghangat tubuh dan sangat cocok bila dinikmati pada musim hujan, pada pagi ataupun sore hari.

Wedang Tahu terbuat dari susu kedelai yang dicampur dengan air garam, dan bubuk agar-agar yang dimasak sehingga menjadi kembang tahu atau tahu sutera, yang akan dijadikan sebagai isi dari wedang Tahu tersebut.

Wedang-Tahu-6-vintaandherhobby.wordpress.com_

Ada kesamaan rasa dalam kuah wedang tahu ini dengan wedang ronde, hanya saja yang membedakan adalah wedang ronde terdiri dari beberapa macam komposisi yang penuh warna sedang wedang tahu sendiri hanya minimal warna saja. namun soal rasa tak beda jauh. Penjual wedang tahu biasa menjajakannya dengan pikulan atau berada di pinggir jalan dan untuk menarik perhatian para calon pembeli, mereka membunyikan piranti musik teng-teng berukuran mini dengan pemukul dari kayu.

Wedang Tahu konon berasal dari negeri Tiongkok yang dibawa ke Indonesia pada akhir abad ke-19, oleh seorang imigran dari negeri tersebut sehingga menjadi minuman khas Semarang.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here